bahan Pa remaja


1. Nyanyian :Kj no. 17:1+3
2. Nas : Pengkotbah 4:9-11
3. Pengantar :
Berkat Persahabatan

Menurut Kitab Pengkotbah segala sesuatu adalah sia-sia atau kekosongan. Usaha terus menerus yang dilakukan oleh manusiapun tidak memberikan hasil yang lestari. Dalam Pengkotbah 4:9-11 ini merupakan suatu nasihat agar orang menikmati hidup dengan sesamanya.
Didalam Pendalaman Nas Alkitab pada ayat 9 dikatakan bahwa manusia harus hidup berdua dari pada sendiri maksudnya adanya teman baik atau sanak saudara yang bekerjasama dan mereka menerima upah yang baik dalam jerih payah mereka.
Pada ayat 10, dari segi tata bahasa im yitpolu harus di terjemahkan “ jika mereka jatuh”. Lalu salah satu dari mereka berdua akan mengangkatnya artinya terjadi kerjasama yang baik didalam kehidupan persahabat itu.
Pada ayat 11: ini menceritakan tentang perjalanan orang dagang di Palestina yang harus menginap karena cuaca malam Palestina yang dingin, dan tidur berdua jelas lebih menghangatkan daripada tidur sendiri. Tidur berdua ini bisa dengan teman baik, anak atau saudara, tergantung siapa yang menjadi kongsi dagangnya.

Refleksi
Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi pada era globalisasi sekarang ini menuntut adanya tindakan manusia turut serta dalam perkembangan era globalisasi tersebut untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia itu sendiri.
Oleh karena kesibukan dengan aktifitas yang duniawi sehingga banyak dari manusia itu melupakan sesamanya bahkan menindas orang lain untuk mencapai suatu kepuasan yang dia ingini. Kepuasan manusia tidak terbatas akan tetapi alat pemenuhan terbatas untuk mencapai kepuasan itu ada yang menjadi korban didalam memenuhi kepuasan. Hal inilah yang menjadi sorotan kesia-siaan menurut kitab Pengkotbah.
Akan tetapi didalam Pengkotbah 4:9-11, merupakan suatu nasihat kepada para pemuda pemudi agar kita hidup didalam persekutuan dengan Allah dan sesamanya yang dan hidup dalam kasih persaudaran, sebagaimana yang dikatakan didalam Galatia 6: 2” bertolong-tolonglah menanggung bebanmu! Demikianlah kamu memenuhi hukum Kristus. Oleh karena itu kamu akan menerima upahmu dari Bapamu di Surga.

4. Diskusi :
a)
5. Nyanyian :Kj n0.249 “ Serikat Persaudaraan”
6. Doa syafaat:
7. Nyanyian :Kj. No 350:1-2 ‘ O berkati kami”

About these ads

One Response

  1. semoga diterima

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: